Polemik Kaprabonan Keraton atau Peguron Mencuat Lagi, Begini Kata Raden Hamzaiya

Polemik Kaprabonan Keraton atau Peguron Mencuat Lagi, Begini Kata Raden Hamzaiya

CIREBON - Polemik Kaprabonan keraton atau peguron kembali mencuat di media sosial, akhir-akhir ini. Kondisi ini sebenarnya sudah terjadi sejak lama.

Menanggapi polemik itu, Sekretaris Buhun Santana Kesultanan Cirebon (SKC), Raden Hamzaiya mengatakan, pihaknya kini sedang fokus dalam upaya pembenahan kondisi keraton kasepuhan.

\"Bagi saya, saya sudah melaksanakan semuanya yang terbaik untuk Kaprabonan sejak almarhum pangeran Hempi Raja Kaprabon,\" kata Hamzaiya.

Dia menyarankan semua keluarga Kaprabonan bisa bermusyawarah dengan baik, karena dirinya bukan bagian daripada keluarga besar Kaprabonan.

\"Sudah beberapa kali saya mencoba membuka komunikasi dengan pangeran Handi Raja Kaprabon agar persoalan seperti ini diselesaikan dengan baik agar tidak menjadi sebuah polemik yang semakin besar di tubuh Kaprabonan,\" katanya.

\"Bagi saya sejak September 2021 saya sudah tidak banyak mengikuti kegiatan Kaprabonan,\" tukasnya.

Dia mengaku, sudah berjuang bersama almarhum terkait pengesahan SK Kaprabonan, namun untuk hal hal selanjutnya terkait Kaprabonan diserahkan sepenuhnya ke keluarga Kaprabonan.

Kemudian perihal sejarah memang harus ada musyawarah kembali agar setiap perbedaan bisa diselesaikan dengan bijak dan penuh pertanggungjawaban. (rdh)

Baca juga:

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: